Rabu, 02 Mei 2012

Fungsi Menu Microsoft Office Excel 2010

•    Menu-Menu pada Customize Quick Acces Toolbar:
  1.  Save    : Untuk menyimpan file yang telah dibuat.
  2.  Undo    : Untuk kembali pada program yang sebelumnya.
  3.  Redo    : Untuk mengembalikan tulisan yang telah terhapus seperti semula.

•    Menu-Menu pada Ms. Excel 2010:

1.    File
  • Save         : Untuk menyimpan file atau laporan yang telah kita buat.
  • Save As    : Untuk menyimpan file atau lembar kerja dengan nama file baru.
  • Open        : Untuk membuka file yang telah tersimpan.
  • Close        : Untuk keluar dari Ms. Excel.
  • Info            : Untuk memberikan informasi kepada kita mengenai Ms. Excel. Dalam submenu Info terdapat:
    • Potect Workbook    : Untuk memberi perlindungan pada file yang telah kita buat.
    • Check For Issue     : Untuk memberi informasi tentang tulisan yang kita buat yang menyangkut penulis, tanggal, dll. 
    • Manage Versions     : Untuk melihat file-file yang telah kita buat.  
     
  • Recent        : Untuk melihat ataupun membuka file yang baru saja kita buat.
  •  New        : Untuk membuat file baru.Dalam submenu New terdapat:
    •  Blank Workbook     : Untuk membuat lembar kerja baru.
    • Recent Templates     : Untuk melihat template yang baru saja kita buat.
    • Sample Templates     : Untuk melihat contoh template.
    • My Templates         : Untuk melihat template apa yang kita punya.
    • New From Existing     : Untuk melihat file yang sedang dikerjakan.
     
  • Print        : Untuk memberi informasi kita file yang akan dicetak.
    • Print              : Untuk mencetak file yang kita buat
     
  • Save and Send: Untuk menyimpan dan mengirim file yang kita buat.Dalam submenu Save and Send terdapat:
    •  Send Using E-mail      : Mengirim file yang kita buat dengan e-mail.
    • Save To Web         : Untuk menyimpan atau mengirim file kita ke internet.
    • Save To Sharepoint      : Untuk menyimpan file kita dan dibagikan pada yang membutuhkan data kita.
    • Change File Type     : Untuk memilih dengan tipe apa kita menyimpan file kita.
    • Create PDF/XPS Document : Untuk menyimpan file yang kita buat dengan file PDF.
     
  • Help         : Untuk membantu kita terhadap kesulitan-kesulitan yang ada.Dalam submenu Help terdapat:
•    Microsoft Office Help : Untuk mencari bantuan pada micrososft office.
•    Getting Started     : Untuk memperoleh starter.
•    Contact Us          : Untuk membut kita dengan orang-orang di sekitar dan saling membagi informasi.
•    Options          : Untuk mengatur bahasa, tampilan, dll.
•    Check For Update     : Untuk mengupdate Ms. Excel. 
  • Exit         : Untuk keluar dari Ms.Excel.







2.    Home
  • Icon Group Clipboard:
  • Paste        : Untuk menempelkan objek atau teks yang telah di-cut atau di copy.
  • Cut        : Untuk memindahkan data atau objek terpilih ke daerah lain.
  • Copy        : Untuk menyalin data tertentu yang diakhiri.
  • Format Painter    : Untuk meniru suatu pemformatan kemudian menerapkannya ke dalam data terpilih lain.
  • Icon Group Font:
  • Font        : Untuk mengubah jenis huruf dari data yang terseleksi.
  • Font Size    : Untuk mengatur ukuran huruf atau karakter dari data terpilih.
  • Increase Font    : Untuk memperbesar ukuran huruf secara bertahap.
  • Decrease Font    : Untuk memperkecil ukuran huruf secara bertahap.
  • Bold        : Untuk menebalkan huruf atau karakter.
  • Italic        : Untuk memiringkan data terpilih.
  • Underline    : Untuk memberi tanda garis bawah pada setiap data terpilih.
  • Border        : Untuk mengatur garis tepi dari sel terpilih.
  • Fill Color    : Untuk mengatur warna shading data dalam sel terpilih.
  • Font Color    : Untuk mengatur warna huruf.  
  • Icon Group Alignment:
  • Top Align            : Untuk menjadikan data sel menepi ke bagian atas sel.
  • Middle Align                 : Untuk menjadikan teks berada di tengah-atas sel.
  • Bottom Align                 : Untuk menjadikan teks menepi ke bagian bawah sel.
  • Orientations         : Untuk mengatur arah dan posisi data dalam sel.
  • Text Directions     : Untuk mengatur arah teks.
  • Align Text Lef    t     : Untuk menjadikan teks rata kiri.
  • Center             : Untuk menjadikan teks rata tengah.
  • Align Text Right     : Untuk menjadikan teks rata kanan.
  • Decrease Indent     : Untuk menarik batas kiri teks ke sebelah kiri.
  • Increase Indent     : Untuk menarik batas kiri teks ke sebelah kanan.
  • Wrap Text         : Untuk mengatur distribusi teks.
  • Merge & Center     : Untuk menggabung beberapa sel terpilih dan meletakkan teks di dalamnya di bagian tengah sel.
  • Icon Group Number:
  • Number Format    : Untuk mengatur format tertentu pada data jenis numeric yang terdapat dalam sel.
  • Accounting        : Untuk mengatur format harga sesuai dengan spesifikasi mata uang.
  • Percent Style        : Untuk memformat suatu data numerik dengan gaya persentase.
  • Comma Style        : Untuk menampilkan angka desimal sebagai angka bulat.
  • Increase Decimal        : Untuk menambah jumlah digit setelah koma dalam   bilangan angka desimal.
  • Decrease Decimal       : Untuk mengurangi jumlah digit setelah koma dalam angka  desimal.
  • Icon Group Styles:
  • Conditional Formatting: Untuk memformat sel sebagai diagram dari data yang terdapat di dalam sel tersebut.
  • Format as Table     : Untuk memformat sel sebagai tabel dengan segala tema dan warna.
  • Cell Styles        : Untuk memformat suatu setiap sel sesuai sesuai dengan kondisi dan klasifikasinya.
  • Insert            : Untuk menyisipkan kolom atau baris sel di tengah-tengah sel yang sudah terisi data.
  • Detele            : Untuk menghapus baris sel maupun kolom aktif .
  • Format            : Untuk melakukan properti seputar sel dan kolom yang sedang terpilih.


3.    Insert

Icon Group Pages: 
  • Cover Page    : Untuk menyisipkan serta memilih jenis halaman sampul. 
  • Blank Page    : Untuk menyisipkan halaman kosong baru dalam suatu file dokumen.
  • Break Page      : Untuk memisah suatu halaman file dokumen.

Icon Group Tables:
  • Insert Table        : Untuk menyisipkan tabel melalui dialog Insert Table. 
  • Draw Table        : Untuk menyisipkan tabel dengan cara menggambar di halaman dokumen.
  • Convert Text to Table    : Untuk menjadikan teks terpilih berada dalam tabel.
  • Excel Spreadsheet       : Untuk menyisipkan tabel dalam bentuk lembar kerja  Excel.
  • Quick Table                : Untuk menyisipkan tabel instan yang sudah tersedia jenis dan bentuknya di dalam MS. Word 2010 

Icon Group Illustrations:
  • Picture            : Untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komputer.
  • Clip Art                       : Untuk menyisipkan gambar-gambar ilustrasi yang tersedia di library program.
  • Shapes                         : Untuk menyisipkan objek gambar autoshape.
  • SmartArt                     : Untuk menyisipkan gambar dalam bentuk organization.
  • Chat                             : Untuk menyisipkan diagram.
  • Screenshot                   : Untuk mengambil dan menyisipkan objek tertentu dari Layar komputer.


Icon Group Links: 
  • Hyperlink        : Untuk menautkan teks/objek terpilih dengan file lain.
  • Bookmark        : Untuk  membuat penanda buku.
  • Cross-reference    : Untuk membuat referensi antar file.

Icon Group Header and Footer: 
  •  Header            : Untuk mengatur kepala halaman suatu file.
  • Footer            : Untuk melakukan setting terhadap kaki halaman suatu file.
  • Page Number        : Untuk melakukan setting terhadap homor halaman.
Icon Group Text:
  • Text Box        : Untuk menyisipkan kotak yang dapat diisi dengan teks.
  • Quick Parts        : Untuk mengatur teks otomatis, dll.
  • WordArt        : Untuk menyisipkan teks bergaya artistik. 
  • Drop Cap        : Untuk menyisipkan huruf kapital besar pada awal paragraf.
  • Signature Line        : Untuk menyisipkan tanda tangan digital.
  • Date & Time        : Untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini.
  • Object            : Untuk menyisipkan objek dengan ekstensi OLE (Object Linking Embedded).

Icon Group Symbols:
  • Equation                     : Untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan, terutama dalam bidang matematika.
  • Symbol                       : Untuk menyisipkan karakter khusus.

4.    Page Layout

Icon Group Themes:
  • Themes                         : Untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya.
  • Colors                           : Untuk mengatur warna tema halaman.
  • Fonts                             : Untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen aktif.
  • Effect                            : Untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape yang terdapat di halaman dokumen.
Icon Group Page Setup:
  • Margins                        : Untuk mengatur batas teks di halaman dokumen.
  • Orientation                   : Untuk mengatur posisi kertas.
  • Size                              : Untuk mengatur ukuran halaman.
  • Columns                       : Untuk mengatur jumlah kolom teks.
  • Breaks                          : Untuk mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks.
  • Line Numbers               : Untuk mengatur kontinuitas nomor baris teks.
  • Hyphenation                 : Untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar